Minggu, 24 Oktober 2010

Tanah Longsor

apakah anda pernah berpikir bahwa longsor hanya terjadi di daerah daerah pegunungan ? jawabnya adalah tidak, karena longsor tanah bisa terjadi di mana saja, jika di pegunungan orang akan bilang tanah longsor dan jika di daerah datar orang akan bilang tanah ambles, demikianlah sebenarnya.
Aktifitas permukaan akan sangat mempengaruhi struktur permukaan tanah seperti penebangan liar tata konservasi tanah yang salah atau pembangunan yang kurang memperhitungkan resapan air.
dan dari aktivitas ini akan menyebabkan banjir atau tanah longsor karena ketidak mampuan permukan tanah untuk menghambat lajunya air atau run off dan resapan yang kebawah yang akan menjadi air tanah.
Aktifitas di dalam tanah seperti pengambilan air bawah tanah secara berlebihan, atau kegiatan penambangan akan merangsang terbentuknya rongga rongga dalam tanah, dan jika terjadi hujan dan air resapan masuk dalam rongga rongga tersebut bisa mengakibatkan banjir bandang. hal ini desebabkan tanah yang labil dan mendapatkan tekanan dari air resapan yang bermengumpul sehingga menyerupai sungai. jika aliran air tadi membentuk sebuah sungai bawah tanah dan mengikis ke arah permukaan tanah maka akan menyebabkan tanah tipis dan tidak kuat menahan beban diatasnya maka akan mengakibatkan amblesnya permukaan tanah.

Tidak ada komentar: