Jumat, 06 Januari 2012

Mengapa penghijauan selalu Telat ?

Laju penghijauan dengan pembalakan secara alamiah sudah kalah dalam kecepatannya, ditambah lagi dengan kebijakan dan kerja penghijauan dan pembalakan malah jauh lebih ketinggalan.

penghijauan yang jelas memerlukan biaya, dan yang terjun ke dunia penghijauan adalah orang orang sukarelawan dengan dana terbatas, bahkan dengan dana yang minta sana minta sini, dan mererka melakukan kebanyakan adalah ketika masih belum ada pekerjaan tetap dan LSM LSM yang miskin yang di bangun atas panggilan kemanusiaan dari nurani.

Pertumbuhan tanaman sendiri tidak bisa dilakukan atas dasar pesanan, tetapi melalui mekanisme alam yang cenderung sangat lambat sesua dengan kondisi indek pertumbuhan, dan sepenuhnya tergantung alam.

Untuk pembalakan dilakukan dengan pengerahan biaya yang tidak sedikit karena pasti akan memperoleh hasil yang berlipat ganda, dan dilakukan atas dasar keserakahan akan hasil nya dan berdasarkan pesanan kayu kayu untuk konsumsi dunia. dilakukan secara profesional, dan terus menerus, tanpa memikirkan usaha reboisasi kembali.
Mereka mengexplore hutan tanpa mengenal lelah yang penting untuk hasil maksimal. mereka tidak memikirkan putaran penebangan berdasar indek pertumbuhan, tetapi asal tebang saja.

Karena nya itu penghijauan akan selalu terlambat tertatih tatih mengejar pertumbuhan hutan disebabkan tidak berimbangnya antara penebangan dengan penghijauan.

Tidak ada komentar: