Kamis, 12 Januari 2012

penghutanan kembali kawasan hutan

sebuah judul yang tidak mungkin terjadi, yaitu penghutanan kembali kawasan yang dulu adalah hutan menjadi hutan kembali,
Bisa menanami kembali dengan bibit tanaman hutan saja sudah sangat luar biasa apa lagi sampai kemnbali menjadikan hutan belantara seperti semula sudah tidak mungkin,faktor utama adalah keserakahan, baik itu dilakukan oleh pemerintah, swasta atau perorangan,
Selama tidak ada kekuatan yang kuat untuk memmimpin pergerakan penghutanan kembali jelas tidak akan mungkin terwujud. Boleh jadi fakultas kehutanan hanya akan menjadi sebuah fakultas yang mempelajari sejarah hutan saja tanpa ada terobosan untuk menjadikan kawasan hutan menjadi hutan belantara kembali.
Hanya dengan menjadikan kawasan hutan kembali dapat menjadikan ekosistem dapat kebali seperti semula meki tidak seperti awal tetapi setidaknya lebih mendakati.
Sebuah tantangan untuk akademisi fakultas kehutanan dan bidang bidang terkait , apakah mampu memberikan motivasi dan menggerakkkan generasi sekarang dan kemudian untuk melestarikan hutan sebagai sumber hayati dan plama nutfah bagi dunia modern kelak.
Untuk pemerintahan unsur LSM serta peran aktif dari masyarakat mampukan menjadikan kawasan kritis menjadi kawasan yang bener bener di sebut hutan kembali, buka sebagai kawasan hutan produksi.

Tidak ada komentar: